Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu - Hallo Masyarakat Indonesia Seputar Indonesia, Pada Seputar Indonesia Akan Membahas Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu, Saya Telah Menyiadakan Artikel Elite Bangsa. mudah-mudahan isi Artikel Pencitraan Kali ini Dapat Anda Mengerti. okelah, ini dia Artikel Kali ini.

Judul Artikel : Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu

lihat juga


Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu

Untuk mencegah kian menguatnya dolar dan menghindari krisis, elite politik di Tanah Air dipinta untuk bersatu. Alih-alih minta masyarakat untuk menjalankan pengetatan pengeluaran, elite politik justru patut memberikan figur lebih-lebih dulu.

Pengamat Politik Manilka Research, Herzaky M Putra mengatakan ada sebagian kebijakan pemerintah yang mesti diawali oleh kalangan elite. Pertama, berhubungan seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menukar dolar yang dimiliki dengan rupiah.

Berhubungan kebijakan itu, Zaky mengatakan sebaiknya para elite menonjolkan teladan. Bukannya mengaku menukar membisu-membisu sebab tak berkeinginan dianggap pencitraan, tapi rakyat butuh teladan dan bukti riil jika elite politik yang notabene mempunyai banyak dolar menukarkan terutama dulu.

\"Bagaimanapun, rakyat mempunyai krisis kepercayaan terhadap beberapa elite kita. Elitw wajib menampilkan bukti, bukan sekedar berucap,\" ujar Zaky terhadap SINDOnews, Senin (10/9/2018).

Kedua, masih dalam konteks yang sama bila ada elite politik yang menukarkan dolar yang dimilikinya, berapapun patut para tokoh nasional saling mengapresiasi. Bukan pun sinis-sinisan atau nyinyir sebab ada tokoh-tokoh nasional yang meniru arahan Presiden Jokowi.

Berdasarkan Zaky, di sinilah kwalitas seorang pejabat pemerintah sebenarnya diuji. Minta oposisi tak memanfaatkan menguatnya dolar untuk menaikkan elektabilitas, tetapi di sisi lain saat ada oposisi yang meniru seruan presiden justru ditanggapi negatif. \"Sebetulnya, yang mempolitisir ini siapa?\" imbuhnya.

Ketiga, lanjut Zaky, elite politik secara khusus pemerintah sebaiknya tak mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial berhubungan menguatnya dolar. Sebaiknya pejabat pemerintah membendung diri untuk mengeluarkan statemen.

Zaky berpandangan, komentar atau pernyataan pemerintah berhubungan kondisi ini sebaiknya dikonsentrasikan di satu pintu. Supaya tak terkesan adanya coordination failure antar kementerian atau pejabat berhubungan. Hal itu perlu dikerjakan untuk menjaga optimisme pasar.

\"Pernyataan-pernyataan yang ofensif atau kontradiktif dari sebagian pejabat pemerintah, bakal kontraproduktif dalam menjaga optimisme pasar,\" sebut Zaky.

Lebih lanjut, Zaky juga minta oposisi untuk membendung diri. Tak menggoreng berita ini. Cukup ingatkan pemerintah dan bila memungkinkan berikan usulan yang dapat menjadi pilihan bagi pemerintah sebagai solusi bagi Indonesia untuk keluar dari kondisi susah ini.

\"Saatnya elite politik untuk bersatu. Dan, seandainya elite politik bersatu, masyarakat dengan sendirinya bakal meniru. Bagaimanapun, tradisi bangsa kita masih kuat diwarnai tradisi patron-klien,\" sebut Zaky.


Demikianlah Artikel Elite Bangsa Kali ini Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu

Sekian Artikel Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu, mudah-mudahan bisa dipahami anda semua. baiklah, sekian artikel Elite Bangsa kali ini, Salam Indonesia.

Anda sedang membaca artikel Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu dan artikel ini url permalinknya adalah http://infra-humana.blogspot.com/2018/10/cegah-krisis-ekonomi-segala-elite_29.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Sepatutnya Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Wajib Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu