Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu - Hallo Masyarakat Indonesia Seputar Indonesia, Pada Seputar Indonesia Akan Membahas Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu, Saya Telah Menyiadakan Artikel Elite Bangsa. mudah-mudahan isi Artikel Pencitraan Kali ini Dapat Anda Mengerti. okelah, ini dia Artikel Kali ini.

Judul Artikel : Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu

lihat juga


Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu

Untuk mencegah kian menguatnya dolar dan menghindari krisis, elite politik di Tanah Air dipinta untuk bersatu. Alih-alih minta masyarakat untuk mengerjakan pengetatan pengeluaran, elite politik justru seharusnya memberikan figur terpenting dulu.

Pengamat Politik Manilka Research, Herzaky M Putra mengatakan ada sebagian kebijakan pemerintah yang semestinya diawali oleh kalangan elite. Pertama, berkaitan seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menukar dolar yang dimiliki dengan rupiah.

Berkaitan kebijakan itu, Zaky mengatakan sebaiknya para elite menonjolkan model. Bukannya mengaku menukar membisu-membisu sebab tak berharap dianggap pencitraan, tapi rakyat butuh figur dan bukti kongkret seandainya elite politik yang notabene mempunyai banyak dolar menukarkan lebih-lebih dulu.

\"Bagaimanapun, rakyat mempunyai krisis kepercayaan terhadap beberapa elite kita. Elitw seharusnya menampilkan bukti, bukan sekedar berucap,\" ujar Zaky terhadap SINDOnews, Senin (10/9/2018).

Kedua, masih dalam konteks yang sama jikalau ada elite politik yang menukarkan dolar yang dimilikinya, berapapun wajib para tokoh nasional saling mengapresiasi. Bukan pun sinis-sinisan atau nyinyir sebab ada tokoh-tokoh nasional yang meniru arahan Presiden Jokowi.

Berdasarkan Zaky, di sinilah kwalitas seorang pejabat pemerintah hakekatnya diuji. Minta oposisi tak memanfaatkan menguatnya dolar untuk menaikkan elektabilitas, melainkan di sisi lain dikala ada oposisi yang mencontoh seruan presiden justru direspon negatif. \"Sebetulnya, yang mempolitisir ini siapa?\" imbuhnya.

Ketiga, lanjut Zaky, elite politik terutamanya pemerintah sebaiknya tak mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial berhubungan menguatnya dolar. Sebaiknya pejabat pemerintah membendung diri untuk mengeluarkan statemen.

Zaky berpandangan, komentar atau pernyataan pemerintah berkaitan keadaan ini sebaiknya difokuskan di satu pintu. Supaya tak terkesan adanya coordination failure antar kementerian atau pejabat berhubungan. Hal itu perlu dijalankan untuk menjaga optimisme pasar.

\"Pernyataan-pernyataan yang ofensif atau kontradiktif dari sebagian pejabat pemerintah, bakal kontraproduktif dalam menjaga optimisme pasar,\" sebut Zaky.

Lebih lanjut, Zaky juga minta oposisi untuk membendung diri. Tak menggoreng informasi ini. Cukup ingatkan pemerintah dan bila memungkinkan berikan usul yang dapat menjadi alternatif bagi pemerintah sebagai solusi bagi Indonesia untuk keluar dari kondisi susah ini.

\"Saatnya elite politik untuk bersatu. Dan, kalau elite politik bersatu, masyarakat dengan sendirinya bakal mencontoh. Bagaimanapun, tradisi bangsa kita masih kuat diwarnai adat istiadat patron-klien,\" sebut Zaky.


Demikianlah Artikel Elite Bangsa Kali ini Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu

Sekian Artikel Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu, mudah-mudahan bisa dipahami anda semua. baiklah, sekian artikel Elite Bangsa kali ini, Salam Indonesia.

Anda sedang membaca artikel Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Mesti Bersatu dan artikel ini url permalinknya adalah http://infra-humana.blogspot.com/2018/10/cegah-krisis-ekonomi-semua-elite_27.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Sepatutnya Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Semua Elite Politik Wajib Bersatu

Cegah Krisis Ekonomi, Segala Elite Politik Sepatutnya Bersatu